Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi Context, Input, Process dan Product pada tiga aspek yaitu tenaga pendidik, peserta didik dan sarana prasarana terkait implementasi Program Bahagia itu Mencerdaskan di KBTK Islam Alifa Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode evaluasi model CIPP terhadap implementasi Program Bahagia itu Mencerdaskan. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen pada kelompok responden pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, orang tua, peserta didik, komite sekolah dan pengawas sekolah. Data selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu dengan memaparkan hasil temuan penelitian dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Bahagia itu Mencerdaskan berjalan dengan baik dan di KBTK Islam Alifa Jakarta Selatan dilihat dari: (1) Komponen Context
menunjukkan bahwa yang ditandai dengan pemahaman akan pentingnya pribadi guru yang menyenangkan dan terbangunnya persepsi bahwa semua komponen memiliki persepsi yang sama tentang kebahagiaan anak. (2) Komponen Input menunjukkan bahwa: sekolah menciptakan suasana rileks dan menyenangkan, guru adalah kurikulum yang berjalan, guru membangun pola pikir dan berwawasan luas, dan guru yang adaptif dan inovatif. (3) Komponen Process berjalan dengan baik dalam hal terdapat proses yang memberikan keteladanan dan pembiasaan, dan guru yang selalu siap memfasilitasi. (4)
Komponen Product, diperoleh hasil pendidikan yang semua komponen memahami bahwa otoritas penuh pada anak dan mendidik serta membantu anak sebagai pemimpin.
|