Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi sistematis pelaksanaan Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kapuk 04 Petang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan model Context, Input, Process, Product. Data penelitian dikumpulkan dengan metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini Kepala Sekolah, Ketua Program, Pengawas Program dan Guru. Analisa data dilakukan dengan analisa kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Penerapan program makanan tambahan di SDN Kapuk 04 Petang telah berupaya menyesuaikan dengan petunjuk teknis yang diberikan Dinas Pendidikan yaitu. Serta visi, misi dan tujuan sekolah juga sudah mendukung dengan adanya program makanan tambahan ini. Namun pada ketentuan pengadaan tim piket belum dilakukan pada program makanan tambahan di SDN Kapuk 04 Petang. (2) Ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah sudah mendukung untuk melaksanakan program makanan tambahan tersebut. Anggaran/dana yang dimiliki juga telah diatur sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang tertuang pada petunjuk teknis. Keadaan dalam kepanitian program pelaksana ini juga sudah berupaya sesuai dengan tugasnya masing-masing dalam menjalankan program tersebut. (3) Dalam kegiatan proses, pada perencanaan dan pengorganisasian sudah baik dilaksanakan. Perencanaan yang dibuat sudah mengikuti petunjuk teknis yaitu merancang kegiatan bulanan yang disebut rancangan anggaran bulanan (RAB). Pada tahap pengorganisasian, dalam program ini sudah sangat baik. Namun pada pelaksanaan dan pengawasan masih terdapat kekurangan, yaitu dalam mensiasati kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan. (4) Hasil dari produk pada program ini adalah makanan yang bergizi dan sehat untuk anak bangsa. Makanan bergizi dan sehat ini sudah membawa perubahan yang baik terhadap peserta didik.