Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pembelajaran berbasis budaya mutu sekolah sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Semper Timur 07 Pagi, Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah penelitian evaluasi, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pelaksanaan program pembelajaran berbasis budaya mutu sekolah, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian formatif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah pendekatan deskriptif, yaitu berusaha mengungkap masalah yang terjadi pada masa sekarang. Sedangkan untuk model evaluasi, peneliti menggunakan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Teknik analisis data yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, serta gabungan ketiganya dilakukan dalam kurun waktu yang bersamaan. Evaluasi implementasi program pembelajaran berbasis budaya mutu sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Semper Timur 07 Pagi Jakarta Utara adalah untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan dengan menerapkan program pembelajaran berbasis budaya mutu sekolah yang diarahkan pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Implikasi dari temuan penelitian mencakup pada dua hal, yakni implikasi teoritis dan praktis. Implikasi teoritis berhubungan dengan kontribusinya bagi perkembangan teori-teori budaya mutu sekolah dan implikasi praktis berkaitan dengan kontribusi temuan penelitian terhadap penguatan dari pelaksanaan program pembelajaran berbasis budaya mutu sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Implikasi praktis dari hasil penelitian yang dilakukan secara konsisten menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran berbasis budaya mutu sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dapat meningkatkan prestasi sekolah baik secara akademik maupun non akademik.