ABSTRAK Sunarto: Hubungan antara Iklim Organisasi Sekolah dan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Etos Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus III Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi:Tesis.Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta. 2011 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara iklim organisasi sekolah dan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan etos kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus III Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Hipotesis yang diuji: (1) Terdapat hubungan positif antara iklim organisasi sekolah dengan etos kerja guru, (2) Terdapat hubungan positif antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan etos kerja guru, dan (3) Terdapat hubungan positif antara iklim organisasi sekolah dan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan etos kerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel penelitian adalah guru-guru Sekolah Dasar Negeri Gugus III Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi sebanyak 38 orang yang dipilih secara acak sederhana dari populasi berjumlah 152. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk kuesioner. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan validitas butir dan koefisien reliablitas. Validitas butir diuji dengan menggunakan korelasi product moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji normalitas data menggunakan uji liliefors sedang untuk uji homogenitas menggunakan Uji Barlett. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik korelasi sederhana, parsial dan ganda (jamak), serta menggunakan persamaan regresi liniear sederhana dan ganda (jamak). Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) terdapat hubungan positif antara iklim organisasi sekolah (X1) dengan etos kerja guru (Y) dengan koefisien ry1 = 0,822 dan persamaan regresi ? = 31,15 + 0,745X1, (2) terdapat hubungan positif antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X2) dengan etos kerja guru (Y) dengan koefisien ry2 = 0,837 dan persamaan regresi ? = 27,85 + 0,762X2, (3) terdapat hubungan positif antara iklim organisasi sekolah (X1) dan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X2) secara bersama ? sama dengan etos kerja guru (Y) dengan koefisien ry1.2 = 0,911 dan persamaan regresi ? =10,638+0,433X1+0,475X2 . Hasil penelitian tersebut memberi implikasi bahwa untuk meningkatkan etos kerja guru dengan cara memperbaiki iklim organisasi sekolah dan meningkatkan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah. Perbaikan iklim organisasi sekolah dapat dilakukan dengan cara : Kepala Sekolah dan guru saling bekerjasama dalam memecahkan masalah, iklim organisasi sekolah dapat dikondisikan melalui perbaikan dan melengkapi fasilitas sekolah, peningkatan moral kerja guru, menjalin kualitas komunikasi, dan menciptakan berbagai budaya tertib di sekolah. Sedangkan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dapat dilakukan dengan mengoptimalkan perannya baik sebagai educator, inovator, maupun motivator bagi guru-guru.
|