Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konteks pelaksanaan program kartu Jakarta Pintar Plus di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta, kesiapan sumber daya manusia dan sarana prasarana pendukung program, proses pelaksanaan program, dan mengetahui ketercapaian pelaksanaan program. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan melihat data dan fakta empiris. Pengambilan data dilakukan secara ilmiah yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, operator sekolah, guru-guru, orang tua peserta didik dan peserta didik penerima Kartu Jakarta Pintar Plus. Kesimpulan penelitian ini bahwa yang melatarbelakangi pelaksanaan program Kartu Jakarta Pintar Plus di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta adalah terdapat kesesuaian antara visi dan misi sekolah dengan visi dan misi program Kartu Jakarta Pintar Plus, mayoritas peserta didik di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta memiliki orang tua dengan tingkat penghasilan di bawah rata-rata, kesiapan sumber daya manusia dan sarana prasarana pendukung program yang sangat baik, perlu adanya perbaikan dalam segi pengawaasan terhadapa pelaporan penggunaan dana Kartu Jakarta Pintar Plus, dan hasil program yang sesuai dengan harapan baik sekolah, peserta didik dan orang tua peserta didik meskipun belum sepenuhnya.