Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa menggunakan media “film pendek” terhadap pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan (1) Penerapan media film pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMK PGRI Rawalumbu, (2) langkah-langkah pembelajaran dalam pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film pendek untuk kegiatan menulis cerpen siswa, dan (3) respons siswa ketika mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan dalam menggunakan media film pendek. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI Rawalumbu, sebanyak 25 orang. Data mengenai keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media film pendek dikumpulkan dengan metode tes yang diberikan pada akhir pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media film pendek dikumpulkan dengan metode observasi, dan respons siswa ketika mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan dalam penerapan model discovery learning dengan bantuan media film pendek dikumpulkan dengan metode observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model discovery learning dengan bantuan media film pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Peningkatan skor rata-rata keterampilan menulis cerpen adalah sebesar 8,17, yaitu dari rata-rata 67 menjadi 80,12. Jadi, pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena siswa yang mendapatkan skor di atas KKM (78) mencapai 82%. Siswa memberikan respons yang positif dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film pendek.