Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh variabel bebas yang terdiri dari fasilitas belajar, kompetensi dan kinerja guru terhadap variabel terikat yaitu mutu pendidikan di SMK Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi terjangkau adalah siswa yang terpilih untuk dijadikan sampel serta guru-guru di Sekolah SMK dengan jumlah sebanyak 152 populasi. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 110 menggunakan teknik acak proposioanal (porporsional random sampling) dengan undian. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial dan simultan variabel fasilitas belajar, kompetensi dan kinerja guru berpengaruh terhadap mutu pendidikan di SMK Kabupaten Bogor. Adapun nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,768. Hal ini berarti kemampuan variabel bebas (fasilitas belajar, kompetensi dan kinerja guru) dalam menjelaskan variabel terikat (mutu pendidikan) adalah sebesar 76,8% dan 23,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti manajerial, kepemimpinan dan kondisi lain di sekolah.