Abstrak  Kembali
ABSTRAK EUIS MUSTIKAWATI: Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Stress Kerja Guru SD di Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh antara Supervisi Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Stress Kerja Guru SD di Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Hipotesis yang diuji: (1) Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Stress Kerja Guru SD, (2) Terdapat pengaruh Kecerdasan Emosional Guru terhadap Stress Kerja Guru SD, dan (3) Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kecerdasan Emosional Guru SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel penelitian adalah guru-guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi sebanyak 193 orang yang dipilih secara acak sederhana dari populasi berjumlah 373. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk kuesioner. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan validitas butir dan koefisien reliablitas. Validitas butir diuji dengan menggunakan korelasi product moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara Supervisi Kepala Sekolah (X1) terhadap Stress Kerja Guru SD (X3) memperoleh p31 = 0,652 > 0,05 berarti p31 = 0,652 signifikan pada koefisien korelasi r13 = 0,619 dan persamaan regresi X3 = 13,740 + 3,825 X1, (2) Terdapat pengaruh Kecerdasan Emosional Guru (X2) terhadap Stress Kerja Guru SD (X3) memperoleh p32 = 0,068 > 0,05, berarti p32 = 0,068 signifikan pada koefisien korelasi r23 = 0,398 dan persamaan regresi X3 = 3,7719 + 0,940 X2, (3) Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah (X1) terhadap Kecerdasan Emosional Guru (X2) memperoleh p21 = 0,685 > 0,05 berarti p21 = 0,685 signifikan pada koefisien korelasi r12 = 0,684 dan persamaan regresi X2 = 3,7719 + 0,940 X1. Hasil penelitian tersebut memberi implikasi bahwa untuk meningkatkan stress kerja guru SD dengan cara memperbaiki kemampuan supervisi kepala sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru.