Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik mengenai: 1) pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja guru, 2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap disiplin kerja guru, dan 3) pengaruh kepemimpinan tranformasional terhadap motivasi berprestasi guru taman kanak-kanak di Kecamatan Ciledug. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai November 2021. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survai kausal dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian sebanyak 308 dan sampel 174 guru yang diambil secara random sampling (acak). Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja guru dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,298 atau 29,8%. Apabila kepemimpinan transformasional baik maka disiplin kerja guru akan mengalami peningkatan. 2) terdapat pengaruh langsung positif motivasi berprestasi terhadap disiplin kerja guru dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,295 atau 29,5%. Apabila guru meningkatkan motivasi maka disiplin kerja guru akan meningkat pula. 3) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap motivasi berprestasi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,235 atau 23,5%. Apabila kepemimpinan transformasional dijalankan dengan baik oleh kepala sekolah maka guru akan termotivasi untuk meningkatkan prestasinya di sekolah.