Abstrak  Kembali
Studi penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap pelaksanaan Program di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Aziziyyah Kota Tangerang, melalui evaluasi terhadap komponen konteks, input, proses dan produk di Pesantren tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi program. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fenomena-fenomena mulai dari context, input, process dan product pelaksanaan program Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Aziziyyah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, angket dan dokumen ditambah dengan evaluasi CIPP (conteks, input, proses, produk). Wawancara dilakukan terhadap kepala yayasan, pimpinan pesantren, kepala madrasah, guru, komite dan siswa/santri. Untuk keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan keberhasilan budaya yang baik dirumuskan segalanya ditentukan oleh faktor-faktor seperti bagaimana kegiatan setoran tahfidzul quran, belajar mengajar dilaksanakan, bagaimana kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan apakah layak pakai termasuk apakah madrasah melaksanakan ekstrakurikuler dengan baik. Sedangkan untuk ekstrakurikuler dapat dikatakan PPTQ Aziziyyah sangat mendukung ke arah pretasi dan juga pelaksanaan segala ekstrakurikuler yang ada seperti Pramuka, Hadroh, Qasidah, Marawis, Muhadoroh, Tari Saman Paskibra dan lain-lain. Karena dengan ekstrakurikuler sekolah dapat memperkenalkan dirinya ke masyarakat luas serta metode tahfidzul quran kepada seluruh santri dengan model pembimbingan dalam penghafalan.