Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi empat kompetensi kurikulum 2013 di masa pandemi COVID-19 di SMPIT Insan Teladan Mandiri. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan mendapatkan data secara alami, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru Mata Pelajaran. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi empat kompetensi kurikulum 2013 di masa Pandemi Covid 19 di SMPIT Insan Teladan Mandiri : Untuk kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dimulai dari tahap perencanaan kurikulum. Adapun perencanaan dimulai dengan merumuskan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), SKL yang dirumuskan, diturunkan menjadi Kompetensi Inti dan kompetensi dasar dan ditegrasikan dengan bahan ajar. Kemudian setelah tahap perencanaan masuk ke tahap pelaksanaan. Adapun implementasi sikap spiritual dan sikap sosial di SMPIT Insan Teladan Mandiri dilaksanakan dengan cara program muhasabah diri peserta didik, mempengaruhi peserta didik dengan motivasi, membangun komunikasi dengan orang tua murid. Untuk implementasi kompetensi pengetahuan dan keterampilan dimulai dari tahap perencanaan kurikulum dengan membuat kurikulum darurat, membuat RPP satu lembar yang disesuaikan dengan kondisi Pandemi COVID 19. Kemudian masuk dalam tahap pelaksanaan. Adapun implementasi kompetensi pengetahuan dan keterampilan di SMPIT Insan Teladan Mandiri adalah dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh, kemudian pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran mandiri, yaitu peserta didik mengakses sumber belajar dan melakukan pembelajaran secara mandiri.