Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapan Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (SDN Wanasari 06 Kabupaten Bekasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan disiplin secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang di gunakan adalah survei dengan kuisioner/ angket. Sampel yang digunakan 35 siswa kelas VI di SDN Wanasari 06 Kabupaten Bekasi pada tahun ajaran 2019/2020 sebagai sampel penelitian. Analisia data terdiri dari pengujian instrumen penelitian dengan uji persyaratan analisis data, uji normalitas data, uji homogenitas data, uji linieritas data, uji hipotesis dengan uji regresi linier. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 sampai dengan Mei 2020. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan disiplin secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Wanasari 06 Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan degan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 75,939, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Wanasari 06 Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,002 < 0,05 F hitung = 3,296, 3) Terhadap pengaruh yang signifikan disiplin terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Wanasari 06 Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 F hitung = 7,239.