Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Menulis terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 91 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah group investigation dan example non-example, serta minat menulis siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelompok penelitian, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.Populasi penelitian berjumlah 5 kelas dengan jumlah seluruh populasi 200 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (puposite random sampling) dengan cara menggunakan gulungan kertas, kemudian diambil 2 kertas secara acak. Kelas VIII-A dijadikan kelas eksperimen, VIII-B dijadikan kelas kontrol. Peneliti memberikan pre-test (hasil pretest terlampir).Setelah itu, kelas eksperimen diberi perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation, sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran example non-example, setelah itu dilakukan post-test kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (data terlampir). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis teks prosedur antara siswa yang belajar dengan model group investigation dan siswa yang belajar dengan model Pembelajaran example non-example di SMP Negeri 91 Jakarta. Hal tersebut terbukti dari sesudah perlakuan menunjukkan mean kelas eksperimen (Model group investigation) sebesar 78,72 dan mean kelas kontrol (example non-example) sebesar 71,35. Serta Terdapat perbedaan kemampuan menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan example non-example di SMP Negeri 91 Jakarta pada kelompok siswa yang memiliki minat menulis tinggi. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks prosedur siswa dengan minat menulis tinggi di kelas eksperimen sebesar 78.85 dan rata-rata kemampuan menulis teks prosedur siswa dengan minat menulis tinggi di kelas kontrol sebesar 71.60. Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran group investigation dan example non-exampke serta minat menulis siswa terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa di SMP Negeri 91 Jakarta. Hal tersebut dikarenakan peningkatan keterampilan menulis teks prosedur siswa di SMP Negeri 91 Jakarta lebih dipengaruhi oleh metode pembelajaran group investigation yang diberikan oleh guru dan minat menulis.