Abstrak  Kembali
Permasalahan Bahan ajar Bahasa Indonesia yang tersedia di sekolah amat terbatas, bahan ajar Bahasa Indonesia yang tersedia hanya berbasis kompetensi Pengetahuan, bahan ajar Bahasa Indonesia yang tersedia belum terintegrasi dengan pendidikan karakter. Perumusan Masalah Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan untuk mengumpulkan dan menganalisa data, guna menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan :Bagaimana Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia yang terintegrasi nilai Pendidikan Karakter? dan Bagaimanakah Efektivitas Pengembangan bahan Ajar Bahasa Indonesia yang terintegrasi Pendidikan Karakter ? Tujuan Penelitian adalah Pengembangan Bahan ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi Nilai Pendidikan Karakter dan Keefektifan bahan ajar Bahasa Indonesia dalam pembelajaran. Tempat penelitian di SDN Tambun 04 dengan subyek penelitian siswa kelas IA tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 28 siswa .Rentang waktu pelaksanaan bulan Desember s/d April 2019 Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk Bahan ajar dan alat peraga dikaitkan dengan peningkatan kemampuan peningkatan siswa dalam pembelajaran. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, angket, obsesrvasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Dengan maksud bahwa penelitian deskriptif dirancang untuk memperoleh informasi tenng status gejala pada saat penelitian dilakukan.Hasil penelitian, maka diperoleh nilai rata-rata penguasaan siswa terhadap materi pelajaran Bahasa Indonesia pada uji coba sebesar 21% siswa belum mencapai KKM dan pada uji utama Pada posttest utama terjadi peningkatan yang makin baik yaitu sebanyak 89% atau sebanyak 25 siswa telah mencapai KKM sedangkan 11% atau sebanyak 3 siswa belum mencapai KKM.