Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang dialami oleh peneliti sebagai guru di SDN Pisangan Baru 07 Pagi Jakarta. Berdasarkan hasil studi pendahuluan siswa kelas II SDN Pisangan Baru 07 Pagi Jakarta, menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa kelas II masih kurang memuaskan dan siswa mempunyai motivasi yang rendah dalam proses belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan kegiatan pustaka terpadu. Cara ini dipilih karena dapat merangsang siswa untuk lebih aktif
dalam kegiatan belajar sehingga kemampuan literasi mereka dapat meningkat . Rumusan masalah dar i penel i t i an ini adal ah “ B a g a i m a n a meningkatkan l i teras i s i swa mel alui kegi at an pus t aka terpadu pada siswa SDN Pisangan Baru 07 Pagi Jakarta”. Subyek yang dikenai tindakan ini adalah siswa kelas II SDN Pisangan Baru 07 Pagi Jakarta yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kegiatan pustaka terpadu sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Hal ini disebabkan
karena dengan kegiatan pustaka terpadu memberikan pengalaman yang nyata kepada siswa terhadap materi yang telah dipelajarinya. Kegiatan pustaka terpadu memungkinkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan lebih banyak mengerjakan tugas baik itu di kelas, perpustakaan, lingkungan sekolah dan lain sebagainya. Kesimpulan penulis penggunaan kegiatan pustaka terpadu dalam pembelajaran terutama penggunaan ejaan dalam kemampuan literasi sangat merangsang anak untuk aktif belajar baik secara individu maupun kelompok. Secara keseluruhan tingkat keberhasilan siswa dalam kemampuan literasi dengan menggunakan kegiatan pustaka terpadu, yaitu : (1) siklus I tingkat keberhasilan sebesar 30%, (2) siklus II tingkat keberhasilan 60%, dan (3) siklus III tingkat keberhasilan sebesar 83%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemapuan literasi dalam belajar melalui kegiatan pustaka terpadu.
|