Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dramatik dan nilai pendidikan karakter dalam novel Athirah Karya Alberthiene Endah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif dalam bentuk penelitian pustaka. Hasil Penelitian, terdapat Struktur dramatik pada Novel Athirah terdiri dari tahap pengenalan tokoh Atirah, Ucu dan ayahnya Puang Aji, peningkatan krisis/konflik muncul saat suaminya Athirah mulai melirik wanita lain. Bahkan tanpa diketahui Athirah, suaminya menikah lagi dengan wanita lain, klimax yang merupakan tahap terjadinya puncak dari konflik yang dialami kedua tokoh dimana Atirah dan Ucu harus berjuang melanjutkan usaha ditengah orang- orang yang membicarakan pernikahan suaminya yang kedua. hingga ia pergi ke orang pintar untuk mencari tahu mengapa suaminya menikah lagi. penurunan krisis/konflik terlihat pada saat Athirah tahu bahwa ia tidak sepantasnya pergi ke orang pintar tersebut. Athirah tidak membalas perlakuan suaminya dengan hal buruk. Ego yang berpegang pada prinsip realitas ini mencoba mewujudkan dorongan untuk meredakan kekhawatiran dan ketakutan Athirah, yaitu dengan mencoba untuk bangkit. Terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Athirah , antara lain: (1) religiusi; (2) jujur; (3) mandiri; (4) disiplin; (5) kerja keras. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tahapan, menentukan permasalahan, melakukan studi literatur, studi pendahuluan, penetapan metode pengumpulan data; observasi, wawancara, dokumen, diskusi terarah, analisa data selama penelitian. Novel ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan penanaman karakter, di antaranya religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif.