Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi dengan media audiovisual pada peserta didik Paket C kelas X di PKBM Negeri 26 Bintaro. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis menulis teks eksposisi, sedangkan teknik nontes meliputi teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Dalam
analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media audiovisual berpengaruh terhadap pembelajaran
menulis teks eksposisi. Hal ini terbukti dari rata-rata persentase nilai yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar 10%, setelah diterapakan media audio visual, minat dan nilai peserta didik meningkat menjadi 50% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 90% pada siklus II. Peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksposisi dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata siswa mencapai KKM (73). Pada tahap prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebesar 59 pada siklus I meningkat menjadi 71 dan meningkat lagi menjadi 80 pada siklus II. Dengan demikian, media audio visual dapat
meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Jadi, kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik dari prasiklus sampai akhir siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
|