Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (X1) dan Motivasi Belajar (X2) terhadap Kemampuan Menulis Puisi (Y) pada siswa kelas VII SMPN 287 Jakarta Timur. Model pembelajaran yang dieksperimenkan adalah model pembelajaran tipe Jigsaw dan STAD (Student Teams Achievement Division ). Data motivasi belajar siswa diperoleh dari data kuisioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak. Sampel berjumlah tujuh puluh siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan motivasi rendah. Rancangan penelitian yang dipakai adalah rancangan desain factorial 2x2 dan teknik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah ANAVA dua jalur, dilanjutkan dengan uji Tukey. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Dalam penelitian ekperimen ini variabel yang diteliti adalah dua variabel bebas (independent variable) dan satu variabel terikat.Varibel bebas pada penelitian ini ; model pembelajaran kooperatif (Jigsaw dan STAD), dan Motivasi belajar sebagai variabel bebas atribut (variabel klasifikasi) karena berperan sebagai pengelompokan terhadap unit eksperimen, Kedua tarafnya adalah motivasi tinggi dan motivasi rendah. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis puisi. Dengan demikian terdapat empat kelompok perlakuan eksperimen, yaitu : (1)Kelompok yang memiliki motivasi tinggi yang diberi model pembelajaran tipe jigsaw. (2) Kelompok yang memiliki motivasi rendah yang diberi model pembelajaran tipe jigsaw. (3) Kelompok yang memiliki motivasi tinggi yang diberi model pembelajaran tipe STAD. (4) Kelompok yang memiliki motivasi rendah yang diberi model pembelajaran tipe STAD.