Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan keterampilan menulis cerita narasi siswa melalui metode pembelajaran contextual teaching and learning (ctl). Meningkatkan keterampilan menulis cerita narasi siswa melalui media blog. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 28 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan Observasi siklus I hasil perolehan pembelajaran menulis cerita dengan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) dan media blog yaitu, mendapatkan nilai rata- rata kelas sebesar 65.71. pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata- rata 52, pada aspek organiasai 56, pada aspek Ejaan 53, pada aspek tata bahasa 48. Berdasarkan pengamatan siklus I hasil perolehan tes menulis cerita narasi masih dibawah KKM yaitu sekitar 48.64%, rata- rata kemampuan menulis cerita narasi dari segi isi gagasan hanya 69.14, dari aspek organisasi isi 73.71, dari aspek ejaan 72.00, dan dari aspek tata Bahasa 73.71, hingga rata- rata nilai siswa dalam menulis karangan narasi 68.24. Berdasarkan Observasi siklus I hasil perolehan pembelajaran menulis cerita dengan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) dan media blog yaitu, mendapatkan nilai rata- rata kelas sebesar 75.42. pada aspek isi gagasan mendapat nilai rata- rata 70, pada aspek organiasai 73, pada aspek Ejaan73, pada aspek tata Bahasa 73. Karena dari masing- masing aspek dan rata- rata nilai sudah terlampaui. Dengan demikian penelitian dicukupkan sampai di Siklus II ini.