Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan memahami teks bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan Kabupaten Bekasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Terdapat perbedaan pemahaman bacaan antara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan yang belajar dengan strategi pembelajaran DRTA dengan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan yang belajar dengan strategi pembelajaran SQ3R dan terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritits terhadap pemahaman bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan Kabupaten Bekasi, sebanyak 40 siswa, kemudian diambil 20 siswa secara random untuk dijadikan sample dan dikelompokan menjadi 10 siswa kelas eksperimen dan 10 siswa kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan perhitungan regresi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan tes. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat perbedaan pemahaman bacaan yang terlihat jelas antara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan yang belajar dengan strategi pembelajaran DRTA dengan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan yang belajar dengan strategi pembelajaran SQ3R” baik dikelas ekperimen maupun kelas kontrol pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan telah teruji kebenarannya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritits terhadap pemahaman bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan” baik dikelas ekperimen maupun kelas kontrol pada siswa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan telah teruji kebenarannya. Jadi, Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Berpengaruh terhadap Pemahaman Bacaan Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 2 Babelan. Kedua variabel bebas (prediktor) yaitu pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis tersebut berjalan seiring dengan variabel terikat (respon) nya yaitu kemampuan memahami teks bacaan.