Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Novel Guru Aini karya Andrea Hirata serta mengetahui relevansinya dengan konten kompetensi inti Kurikulum Sekolah dasar 2013. Untuk mengetahui hal tersebut, maka penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif dengan meneliti analisis isi Novel Guru Aini Tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dengan menganalisis novel Guru Aini yang kemudian mendapatkan temuan nilai nilai karakter dan relevansi nilai karakter dengan konten kompetensi Inti 2013. Implikasi dari penelitian ini terdapat nilai pengutan pendidikan karakter mandiri pada nilai karakter pembelajar yang lebih sering muncul dalam tuturan kalimat pernyataan tokoh dalam novel Guru Aini, relevansi dengan konten kurikulum terdapat lebih banyak muncul pada kompetensi Inti pengetahuan. Kesimpulan dari penelitian ini menujukan bahwa Novel Guru Aini memiliki nilai-nilai pendidikan karakter yang terintergrasi dalam penguatan pendidikan karakter meliputi : Nilai pendidikan religius yakni beriman bertaqwa, bersih, toleransi, dan cinta lingkungan. Nilai karakter nasionalis yakni cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan. Nilai karakter integritas yakni kejujuran, keteladanan, kesantunan, cinta pada kebenaran. Nilai karakter Mandiri yakni kerja keras, kreatif, disiplin, berani dan pembelajar. Nilai karakter gotong royong yakni kerjasama, solidaritas, saling menolong dan kekeluargaan. Nilai pendidikan karakter mendapatkan relevansi dengan kompetensi inti kurikulum 2013.