Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara metode
pembelajaran discovery learning dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Telaga Asih 03 Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi, untuk mengetahui korelasi antara minat belajar dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Telaga Asih 03 Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi dan untuk mengetahui korelasi antara metode pembelajaran discovery learning dan minat belajar secara bersama-sama dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Telaga Asih 03 Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Metode ini berkaitan dengan perhitungan, jumlah dan angka dengan meggunakan statistik. Hal ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar korelasi yang dihasilkan dari metode pembelajaran discovery learning dan minat belajar dengan keterampilan menulis puisi siswa dengan jumlah responden sebanyak 51 siswa. Adapun hasil penelitian ini antara lain, 1) korelasi antara metode pembelajaran discovery learning dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Telaga Asih 03 Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi didapati nilai R yang merupakan simbol dari nilai koefisien korelasi menunjukan nilai korelasi 0,603 yang menyatakan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ini ada pada kategori kuat yang memiliki kontribusi korelasi sebesar 52,1% dengan variabel Y, 2) korelasi antara minat belajar dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Telaga Asih 03 Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi didapati tentang nilai R yRang merupakan simbol dari nilai koefisien korelasi yang menunjukan nilai korelasi 0,495 yang menyatakan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ini ada pada kategori korelasi kuat yang memiliki kontribusi korelasi sebesar 37,1% dengan variabel Y, 3) korelasi antara metode pembelajaran discovery learning dan minat belajar secara bersama-sama (simultan) dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Telaga Asih 03 Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi didapati nilai yang merupakan simbol dari nilai koefisien korelasi. Nilai korelasi 0,526 yang menyatakan bahwa hubungan ketiga variabel penelitian ini ada pada kategori korelasi kuat yang memiliki kontribusi korelasi sebesar 43,1% dengan variabel Y.
|