Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Biografi Tokoh Ternama pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kelas X. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan metode analisis isi yaitu penelitian yang mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks biografi tokoh ternama pada buku pelajaran bahasa Indonesia.dilakukan dengan tahapan, yaitu: (1) Peneliti memilih buku pelajaran bahasa Indonesia yang menjadi objek penelitian. (2) Peneliti menentukan materi pelajaran yaitu teks biografi sebagai sumber data. (3) Menyeleksi kalimat yang mengandung nilai pendidikan karakter. (4) Mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks biografi. (5) Memilih, mengelompokkan, dan menganalisis nilai-nilai pendididkan karakter sesuai dengan kategorinya ke dalam tabel analisis. (6) Mendeskripsikan hasil analisis. (7) Penyusunan laporan, dan pembuatan simpulan dari hasil data yang diperoleh dengan tujuan memberikan gambaran hasil penelitian secara objektif. Data dan sumber dalam penelitian ini yakni data yang diperlukan yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks biografi. Berikut beberapa teks biogarfi tokoh ternama yang dijadikan objek penelitian: (1) B.J. Habibie (2) George Saa (3) Adrian Syaf. Dan dalam penelitian ini peneliti mengambil sumber data dari buku pelajaran bahasa Indonesia kelas X. Dalam buku teks pembelajaran bahasa indonesia yang berorientasi pada nilai pendidikan karakter, dalam materi teks biografi, sangat relevan. Karena melalui tokoh dalam teks biografi, baik di dalamnya terdapat pendidikan karakter religi, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas yang dilakukan dalam rangka pembaharuan sosial keagamaan, lingkungan, dan Negara serta dapat memberikan inspirasi dan pencerahan bagi pembacanya.