Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks
Biografi Tokoh Ternama pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kelas X. Dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan metode analisis isi yaitu penelitian yang mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks biografi tokoh ternama pada buku pelajaran bahasa
Indonesia.dilakukan dengan tahapan, yaitu: (1) Peneliti memilih buku pelajaran bahasa Indonesia yang menjadi objek penelitian. (2) Peneliti menentukan materi pelajaran yaitu teks biografi sebagai sumber data. (3) Menyeleksi kalimat yang mengandung nilai pendidikan karakter. (4) Mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks biografi. (5) Memilih, mengelompokkan, dan menganalisis nilai-nilai pendididkan karakter sesuai dengan kategorinya ke dalam tabel analisis. (6) Mendeskripsikan hasil analisis. (7) Penyusunan laporan, dan pembuatan simpulan dari hasil data yang diperoleh dengan tujuan memberikan gambaran hasil penelitian secara objektif. Data dan sumber dalam penelitian ini yakni data yang diperlukan yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks biografi. Berikut beberapa teks biogarfi tokoh ternama yang dijadikan
objek penelitian: (1) B.J. Habibie (2) George Saa (3) Adrian Syaf. Dan dalam
penelitian ini peneliti mengambil sumber data dari buku pelajaran bahasa
Indonesia kelas X. Dalam buku teks pembelajaran bahasa indonesia yang
berorientasi pada nilai pendidikan karakter, dalam materi teks biografi, sangat
relevan. Karena melalui tokoh dalam teks biografi, baik di dalamnya terdapat
pendidikan karakter religi, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas yang dilakukan dalam rangka pembaharuan sosial keagamaan, lingkungan, dan Negara serta dapat memberikan inspirasi dan pencerahan bagi pembacanya.
|