Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran kooperatif dan motivasi menulis terhadap keterampilan menulis laporan siswa di SMKN 8 Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen, dengan disain faktorial 2X2. Selain itu desain penelitian ini dipilih sesuai dengan hipotesis yang akan diuji, diantaranya adalah mengungkapkan apakah terdapat interaksi antara teknik pembelajaran kooperatif dan Motivasi Menulis terhadap keterampilan menulis laporan.
Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa pada skor kemampuan
menulis laporan siswa terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan keterampilan menulis laporan siswa antara pembelajaran yang menggunakan model GI dengan pembelajaran model CIRC. Hasil pengujian hipotesis kelimat menunjukkan terdapat interaksi antara motivasi dan model pembelajaran cooperative learning dalam mempengaruhi keterampilan menulis secara keseluruhan. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan nilai yang berarti terdapat perbedaan kemampuan keterampilan menulis laporan siswa yang signifikan antara motivasi tinggi dengan model GI dibandingkan dengan keterampilan menulis laporan siswa dengan model GI dan motivasi rendah. Hasil pengujian hipotesis keempat menunjukkan nilai yang berarti terdapat perbedaan kemampuan keterampilan menulis laporan siswa yang signifikan antara motivasi tinggi dengan model CIRC dibandingkan dengan keterampilan menulis laporan siswa dengan model CIRC dan motivasi rendah.
|