Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan isi berdasarkan kesesuaian materi buku teks dengan kompetensi dasar dari kompetensi inti, kesesuaian bahasa dengan perkembangan bahasa pembaca, kesesuaian penyajian dengan teknik penyajian dalam kurikulum 2013 (revisi 2016). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptis dengan menggunakan instrumen analisis berdasarkan BSNP yang dijelaskan kembali oleh Mansur Muslich. Sumber data pada penelitian ini adalah buku teks Mahir Berbahasa Indonesia, Jilid 2 Kelas VIII SMP/MTs Terbitan Erlangga. Data yang diambil dan dianalisis pada penelitian ini yaitu seluruh materi/konten yang ada di buku teks. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, materi buku teks sesuai dengan kompetensi dasar dari kompetensi inti dalam kurikulum 2013. Kedua, buku teks sesuai dengan tingkat perkembangan bahasa pembaca (siswa kelas VIII). Ketiga, buku teks sangat sesuai dengan teknik penyajian dalam kurikulu, 2013 (Revisi 2016). Berdasarkan penelitian, Buku Mahir Berbahasa Indonesia, Jilid 2 Kelas VIII SMP/MTs layak digunakan sebagai sumber pembelajaran utama di sekolah.lembaga pendidikan lainnya. Manfaat penelitian ini, untuk memberikan panduan kepada akademisi pendidikan terkait keilmuan kelayakan buku teks. Selain itu, hasil penelitian ini memberi informasi terhadap masyarakat umu (khususnya guru dan siswa) tentang kelayakan buku teks.