Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa SMK Farmasi IKIFA Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Farmasi IKIFA Jakarta Timur berjumlah 66 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan metode Multi Stage Random Sampling, yaitu pengambilan sampel bertahap berdasarkan random. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran tes kemampuan berpikir logis dan tes pada keterampilan menulis teks anekdot Bahasa Indonesia. Data tersebut dihitung dengan rumus Anava. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan ANAVA terungkap 1) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menulis teks anekdot berdasarkan rata-rata hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dan example nonexample. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menulis teks anekdot di kelas yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dan example nonexample pada siswa memiliki kemampuan berpikir logis siswa tinggi. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menulis teks anekdot antara kelas yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dan example nonexample pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis siswa rendah. 4) Terakhir Berdasarkan hasil pengukuran, hipotesis keempat mendapatkan nilai Fhitung = 11,437, sedangkan nilai Ftabel = 3,15, sehingga Fhitung > Ftabel, maka Ho diterima dan Hi ditolak., artinya tidak terdapat pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir logis siswa terhadap keterampilan menulis teks anekdot bahasa Indonesia pada siswa SMK Farmasi IKIFA Jakarta