Abstrak  Kembali
Rendahnya penguasaan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Srimahi 01 Tambun Utara. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan gambar berseri. 2) untuk mengetahui ketepatan siswa dalam memperhatikan aspek penulisan ejaan, tanda baca, pilihan kata, organisasi isi. 3) kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam penulisan karangan deskripsi menggunakan media gambar berseri. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil analisis pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan Gambar berseri meliputi: pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sudah maksimal, didapatkan 27 orang siswa mendapatkan skor dalam kategori sangat baik, 17 siswa dengan kategori baik, 5 siswa dengan kategori cukup, dan 1 siswa dengan kategori kurang. Adapun kesulitan yang ditunjukkan siswa pada saat penulisan karangan deskripsi menggunakan media Gambar berseri ialah penggunaan tanda baca, pemakaian huruf besar, ejaan yang sesuai EYD, dan kesulitan dalam penulisan pemenggalan ejaan pada kata. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan siswa terhadap aspek- aspek penulisan.