Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan mengetahui dan mengembangkan budaya literasi dengan menggunakan pendekataan kooperatif di kelas VIII-10 SMP Negeri 1 Cibitung Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif yaiu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi.Wawancara dilakukan kepada Wali Kelas VIII-10, Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda dan Bahasa Inggris kelas VII, VIII dan IX. Untuk medapatkan gambaran tentang budaya literasi terutama minat baca dan tulis siswa. Penelitian ini memberikan gambaran tentang budaya literasi terutama membaca dan menulis dengan tolak ukur efktivitas pendekatan kooperatif dalam budaya literasi. Mengembangkan budaya literasi bagi siswa dalam setiap mata pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, akan terjawab pertanyaan dalam subfokus 1 dan 2, yaitu bagaimana pengembangan budaya lterasi denagan menggunakan pendekatan kooperatif dan efektifkah pendekatan kooperatif dalam mengembangkan budaya literasi? Dengan menggunakan metode Pedagogik Genre, subjek penelitian dapat mengembangkan budaya literasi dalam mengikuti semua pembelajaran. Memiliki perubahan dalam gaya pembelajaran.Subjek penelitian mendapatkan wawasan baru bahwa belajar intinya adalah mau membaca dan menulis. di zaman digital juga tidak terlepas dari dua literasi itu. Pendekatan Kooperatif intinya adalah subjek bsa bekerja Bersama kelompok dan dapat berdiskus bila ada pelajaran atau materi yang susah untuk dikuasai. Diharapkan Pendekaan Kooperatif dapat dipraktikkan oleh semua guru dalam kegiatan belajar mengajar terutama mengembangkan budaya literasi.