Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengembangkan serta menghasilkan bahan ajar literasi dengan muatan pendidikan karakter bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar dan menjadi salah satu sumber belajar untuk pelayanan anak berkebutuhan khusus di SDN Lubang Buaya 13. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif deskriptif melalui pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan tujuh tahapan, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba terbatas, 7) revisi produk. Menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu wawancara dan angket untuk memperoleh data kebutuhan pengembangan dan penilaian bahan ajar. Sumber data terdiri atas guru pembimbing khusus (GPK), ahli materi, ahli ahli media, dan siswa ABK. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan analisis produk. Hasil validasi bahan ajar diperoleh; 1) Validasi ahli materi bahan ajar memperoleh skor 3,35 dengan kategori layak. 2) Validasi ahli media bahan ajar memperoleh skor 3,80 dengan kategori sangat layak dan tidak perlu direvisi. 3) Hasil respon kelayakan oleh siswa ABK memperoleh skor 3,49 dengan kategori sangat layak dan tidak perlu direvisi. Bahan ajar yang dihasilkan berupa video pembelajaran pendidikan karakter untuk anak berkebutuhan khusus dapat diakses dengan mudah menggunakan perangkat yang terhubung dengan akses internet.