Abstrak  Kembali
ABSTRAK Yeni Kurniati, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Produktivitas Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciracas Jakrta Timur. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 2010. Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan mengungkapkan pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Produktivitas kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner, dan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur, dengan teknik random sampling. Hipotesis pada penelitian ini adalah: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Produktivitas kerja guru 2) Disiplin Kerja Guru terhadap produktivitas kerja guru, dan 3) Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru. Uji coba instrument untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrument menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Croanbach. Instrument produltivitas kerja guru memiliki reliabilitas rtt = 0,968, Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki reliabilitas rtt = 0,957, dan Disiplin Kerja Guru memiliki reliabilitas rtt = 0.960. Pengaruh tiap variable dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Produktivitas Kerja Guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 95,144 + 0,333 X1, koefisien korelasi r13 = 0,502 dan koefisien pengaruh X1 terhadap X3.p31 = 0,296 pada taraf signifikansi ? = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan Disiplin kerja guru (X2) terhadap Produktivitas Kerja Guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 79,823 + 0,439 X2 koefisien korelasi r23 = 0,607, dengan koefsien pengaruh X2 terhadap X3 p32 = 0,480,pada taraf signifikan ? = 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Disiplin Kerja Guru. Disiplin Kerja Guru (X2) memperoleh persamaan regresi X2 = 87,457 + 0,394 X1, koefisien korelasi r12 = 0,430 dengan koefisien pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Disiplin Kerja Guru. Disiplin Kerja Guru (X2) p21 = 0,430 pada taraf signifikan ? = 0,05. Kesimpulan penelitian ini, mengungkapkan terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Produktivitas Kerja Guru, terdapat pengaruh Disiplin Kerja Guru terhadap Produktivitas Kerja Guru, dan terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolh terhadap Disiplin Kerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Dengan kata lain produktivitas kerja guru dapat ditingkatkan diantaranya melalui kepemimpinan kepala sekolah yang kuat, dan disiplin kerja guru yang tinggi. Saran-saran yang dapat penulis berikan adalah jabatan kepala sekolah merupakan amanah dari Allah SWT, hasil kerja harus dapat dipertanggungjawabkan demi peningkatan mutu di sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah perlu menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif dengan selalu mengikutsertakan guru dalam membuat keputusan dan selalu berusaha meningkatkan kompetensi guru yang dapat meningktkan produktivitas kerja guru. Melalui pembiasaan, guru diberi keleluasaan untuk berkreasi dalam menyusun dan melaksanaan program kerja dan pembelajarannya. Kepala sekolah bersikap tegas dan adil dalam menegakkan kedisiplinan, sehingga suasana kondusif senantiasa dirasakan oleh seluruh warga sekolah. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi dunia organisai pendidikan, khususnya dalam meningkatkan Produktivitas Kerja GuruSekolah Dasar Negeri di kecamatan Ciracas Jakarta Timur.