Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral novel Hujan karya
Tere Liye dan relevansinya dengan pembelajaran apresiasi sastra di kelas XI
Madrasah Aliyah Al Imaroh Cikarang Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai moral pada novel Hujan karya Tere Liye dan relevansinya dengan pembelajarannya di kelas XI MA. Sumber data penelitian ini novel Hujan karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa nilai-nilai moral: aspek moral tentang hubungan manusia dengan diri sendiri yang meliputi: pantang menyerah, berpendirian teguh, pekerja keras dan bertanggung jawab; (2) aspek moral tentang hubungan manusia dengan orang lain meliputi: tolong menolong, persahabatan, penyayang, motivasi, suka member nasehat, berbudi pekrti yang baik dan perhatian; (3) aspek moral tentang hubungan manusia dengan lingkungan alam adalah: menjaga kelestarian alam, dan memuji keindahan alam; (4) hubungan manusia dengan Tuhan- Nya, meliputi tawakal dan bersyukur. Relevansi antara novel Hujan nilai moral terhadap pembelajaran apresiasi sastra di MA adalah hubungan yang sangat sinkron, meskipun tidak secara keseluruhan. Novel Hujan hendak mengajak siswa selalu memiliki nilai moral yang baik dalam kehidupan sehari-hari dengan bimbingan serta arahan pendidiknya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur intrinsik novel Indonesia; metode yang digunakan adalah metode kuantum: tanamkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan; langkahlangkah: pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup; evaluasi pembelajaran adalah teknik tes tertulis, dengan bentuk instrumen soal uraian dan tugas proyek.
|