Tesis ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran dan penguasaan kosa kata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X Smk Juang Kencana. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan model kuantitatif. Model eksperimen dengan menggunakan dua kelompok sampel yaiu : siswa yang belajar dengan model
pembelajaran example non example dengan siswa yang belajar dengan model demonstrasi . Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan keterampilan menulis puisi antar siswa yang belajar dengan model pembelajaran examples non example dan siswa yang belajar dengan model demonstrasi di Smk Juang Kencana. Hal tersebut
terbukti dari (Mean) nilai rata-rata kelas eksperimen (model example non example)yang elah diberi perlakuan sebesar 81.9 dan (Mean) nilai rata-rata kelas control (model demonstrasi) sebesar 79. Serta terdapat perbedaan yang tidak signifikan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model example non examples dan model demonstrasi di Smk Juang Kencana pada
kelompok siswa yang memiliki penguasaan kosa kata tinggi. Nilai rata-rata keterampilan menulis puisi siswa dengan minat penguasaan kosa kata tinggi di kelas eksperimen sebesar 86 dan rata-rata keterampilan menulis puisi siswa dengan minat penguasaan kosa kata tinggi di kelas kontrol sebesar 78. Tidak terdapat pengaruh Interaksi antara model example non example dan model demonstrasi dan penguasaan kosa kata terhadap keterampilan menulis puisi kelas X Smk Juang Kencana. Diharapkan guru dapat lebih aktif lagi dalam menerapkan model pembelajaran yang pas pada siswa.
|