Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran. secara singkat penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas VI SDN Kalijaya 01 Kecamatan Cikarang Kabupaten Bekasi dengan menggunakan media lagu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Melalui media lagu guru dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VI SDN Kalijaya 1 Cikarang. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 39 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Hasil Penelitian Dilihat dari ketercapaian kemampuan menulis karangan narasi siswa dalam Pra siklus siswa yang melampaui nilai KKM hanya 10.26%, rata- rata kemampuan menulis karangan narasi dari segi isi hanya 61, dari aspek kosakata 66, dari aspek bahasa 56, dan dari aspek mekanik 57, hingga rata- rata nilai siswa dalam menulis karangan narasi pada Pra siklus adalah 60. Berdasarkan hasil observasi siklus I, hasil perolehan tes menulis karangan narasi siswa meningkat menjadi 46.15%, rata- rata kemampuan menulis karangan narasi dari aspek isi menjadi 75, dari aspek kosakata 72, dari aspek bahasa 67, dan dari aspek mekanik 68, hingga rata- rata nilai siswa dalam menulis karangan narasi 70. Pada Siklus II hasil perolehan tes menulis karangan narasi siswa meningkat menjadi 82.05%, rata- rata nilai kemampuan menulis karangan narasi dari aspek isi menjadi 84, dari aspek kosakata 83, dari aspek bahasa 80, dan dari aspek mekanik 68, hingga rata- rata nilai siswa dalam menulis karangan narasi menjadi 81. Melalui media lagu, terdapat peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas VI SDN Kalijaya 01 Cikarang, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian di Prasiklus sebesar 10.26 % dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 60, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 46.15% dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 70, dan tambah meningkat di siklus II menjadi 82.05% dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 81.