Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara penggunaan media dengan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV di SD Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan. Hipotesis yang penulis ajukan adalah: H1: terdapat korelasi yang positif antara penggunaan media pembelajaran dengan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV semester genap di SDN Jatimulya 02. H12: terdapat korelasi yang positif antara penguasaan diksi dan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV semester genap di SDN Jatimulya 02. H11 H12 : Terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dan penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV semester genap di SDN Jatimulya 02. Populasi sampel yang diteliti berjumlah 30 siswa dari kelas IVB. Penelitian dilakukan mulai bulan Maret dampai dengan Juni 2021. Data yang digunakan berupa skor yang diperoleh dari skor angket mengenai penggunaan media pembelajaran, skor penguasaan diksi dan hasil tes keterampilan menulis puisi. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Pearson product moment yang dilakukan menggunakan SPSS 25.0. Hasilnya di peroleh kesimpulan statistik bahwa terdapat korelasi postif antara penggunaan media pembelajaran dengan keterampilan menulis puisi, sebesar 319, lebih besar dari penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis memiliki nilai koefisiensi korelasi sebesar 194. Koefisien korelasi antara penggunaan media dan keterampilan menulis puisi memiliki hubungan yang kuat dan sangat dekat.