Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara minat belajar dengan kemampuan membaca kritis siswa kelas V MI Al-islamiyah Depok tahun ajaran 2020/2021. (2) untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa (3) untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa kelas V MI Al-islamiyah Depok tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan B yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi berganda dengan menggunakan variabel Minat Belajar (X1), Peran Orang Tua (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Kemampuan Membaca Kritis (Y) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan kemampuan membaca kritis, di mana rhitung sebesar 0,610, sedangkan rtabel dengan N= 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,610 > 0,316). (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa, di mana rhitung sebesar 0,708, sedangkan rtabel dengan N= 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,708 > 0,316). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa, di mana rhitung sebesar 0,783, sedangkan rtabel dengan N= 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316, jadi rhitung lebih besar dari rtabel ( 0,783 > 0,316).