Abstrak  Kembali
Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan keterampilan siswa menulis teks eksposisi dalam Bahasa Indonesia melalui metode Problem Based Learning dan untuk mengetahui apakah keterampilan siswa menulis teks eksposisi dalam Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan mealalui metode problem based learning. Metode yang dipergunakan adalam campuran antara metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Siklus kedua dengan memberikan kegiatan tambahan sebagai perbaikan pelakuan berdasarkan hasil refleksi dari siklus pertama. Tiap-tiap pertemuan dalam setiap siklus dibahas dan dievaluasi tentang peningkatan kemampuan siswa untuk masing-masing komponen, mulai komponen isi, kepaduan paragraf, pemilihan kata, tata Bahasa, dan tata tulis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) penggunaan metode peroblem based learning mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis eksposisi pada siswa. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan di aspek siswa lebih aktif, kreatif pengmebangan informasi dan kreatif, serta pembelajran menulis eksposisi menjadi memperluas wawasan siswa. (2) penggunaan metode problem based learning dapat meningkatkan hsail kemampuan menulis eksposisi. Hal ini terlihat pada peningkatan skor rata-rata sebelum diberikan Tindakan yaitu 65,35. Setelah diberikan Tindakan siklus 1 skor rata-rata menjadi 71,84 ada peningkatan sebesar 6,49 . Siklus 2 yaitu 79,13 ada peningkatan sebesar 7,29. Secara keseluruhan pada akhir siklus dua ini semua aspek dan kriteria menulis eksposisi mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa metode problem based learning mampu meningkatkan kemuampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMK PGRI 15 Jakarta.