Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi dengan menggunakan Metode mind mapping (peta pikiran). Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Metode mind mapping (peta pikiran) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat. Kemampuan menulis yang diteliti adalah menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 35 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Hasil Penelitian berdasarkan hasil observasi siklus I, diketahui bahwa Hasil Siklus I kemampuan menulis puisi menggunakan Metode mind mapping (peta pikiran) pada siswa kelas V SDN Telaga Asih 04, Kabupaten Bekasi pada aspek kesesuaian tema dan isi mendapat nilai rata- rata 58.86, pada aspek ketepatan diksi 46.29, pada aspek pendayagunaan pemajasan 57.71, dan pada aspek pengimajian 70.86. Nilai rata- rata kelas kemampuan menulis puisi pada Siklus II dari segi aspek kesesuaian tema dan isi mendapat nilai rata- rata 83.14, pada aspek ketepatan diksi 84.57, pada aspek pendayagunaan pemajasan 72.00, dan pada aspek pengimajian 86.14.. Dari penelitian siklus I rata- rata nilai dari ke 4 aspek sebesar 66.57 dan tambah meningkat di siklus II menjadi 86.14 Dengan demikian penelitian dicukupkan sampai di Siklus II ini.