Abstrak  Kembali
Menulis merupakan suatu wadah yang bias dijadikan siswa sebagai sarana pencurahan gagasan yang dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menulis eksposisi berita dan eksposis iilustrasi pada siswa Sekolah Dasar kelas V melalui model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis. Hasil penelitian eksperimen kuasi menunjukkan bahwa: kemampuan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis terdapat peningkatan kemampuan setelah penerapan model pembealajran kooepratif terpadu membaca dan menulis, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan menulis eksposisi berita dan eksposisi ilustrasi siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis lebih meningkat secara signifikan dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan pendapat siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis berada pada interval dengan kategori setuju. Keberhasilan menulis eksposisi berita dan menulis eksposisi ilustrasi siswa tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model pembelajaran kooperatif. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis eksposisi berita dan ilustrasi.