Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat minat menulis siswa, (2) tingkat penguasaan diksi siswa, (3) kemampuan menulis puisi siswa, (4) hubungan antara minat menulis dan kemampuan menulis puisi siswa, (5) hubungan antara penguasaan diksi dan kemampuan menulis puisi siswa, dan (6) hubungan antara minat menulis dan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Pengambilan data menggunakan teknik angket dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Telaga Murni 01 Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi. Sampel penelitian berjumlah 100 dengan mengambil 30 siswa sebagai responden secara random sampling. Tes minat menulis menggunakan kuesioner berjumlah 20 dengan alternatif jawaban menggunakan skala Likert, sedangkan tes penguasaan diksi menggunakan soal pilihan ganda berjumlah 30 dengan empat alternatif jawaban. Kemampuan menulis puisi diukur dengan tes praktik menulis puisi langsung. Data dianalisis dengan korelasi product moment sebelum data dianalisis perlu uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, linieritas, dan multikolinearitas. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Pengolahan data semua dibantu dengan SPSS seri 17. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, tingkat’ Minat menulis siswa berada pada kategori sedang dengan nilai antara 55—67 berjumlah 12 siswa (40%). Kedua, tingkat penguasaan diksi siswa juga berada pada kategori sedang berkisar antara nilai 68—74 sebanyak 14 siswa (46,7%). Ketiga, tingkat kemampuan menulis puisi siswa juga berada dalam kategori sedang dengan nilai antara 65—69 dengan jumlah 8 siswa (30,3%). Keempat, ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat menulis dan kemmapuan menulis puisi, ditunjukkan dengan perolehan r =0,971 dan p=0,000. Kelima, ada hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis puisi, ditunjukkan dengan perolehan r = 0,974 dengan nilai p= 0,000.Keenam, ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat menulis dan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis puisi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien determinasi (R2 ) yaitu 0,962. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa minat menulis dan penguasaan diksi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan menulis puisi siswa.