Abstrak  Kembali
Kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 25 Pamulang masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Selama ini, guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga siswa merasa jenuh dan kurang senang mengikuti pembelajaran menulis cerpen. Model pembelajaran project based learning diharapkan tepat untuk meningkatkan kemapuan menulis cerpen siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 25 Pamulang. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui penerapan pembelajaran model Project Based Learning pada siswa kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 25 Pamulang? (2) Apakah kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 25 Pamulang dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran model project based learning? Subjek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel menulis cerpen dan variabel model pembelajaran project based learning. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan dalam dua siklus yaitu I dan II, dengan batas kriteria ketuntasan minimal 75 pada siklus II. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknis analisis data yang digunakan secara kuantitatif untuk data tes dan kualitatif untuk data nontes. Alat pengambilan data nontes berupa lembar observasi, angket siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan model project based learning, kemampuan menulis cerpen siswa meningkat dari nilai rerata siswa pada kondisi prasiklus 71, 86, pada siklus I menjadi 78, 24, sedangkan pada siklus II nilai rerata siswa naik menjadi 82, 18. Peningkatan nilai rerata ini membuktikan keberhasilan pembelajaran menulis cerpen melalui model project based learning.