Tujuan penelitian ini adalah untuk Menguji pengaruh minat membaca terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VI kelas VI SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat dan menguji pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VI kelas VI SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan membaca menulis naskah drama pada kelas eksperimen dan kelas control siswa kelas VI SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat, sebanyak 110 siswa, kemudian diambil 70 siswa secara random untuk dijadikan sample dan dikelompokan menjadi 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan perhitungan regresi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan tes. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh yang kuat antara minat membaca dengan keterampilan menulis naskah drama” baik dikelas ekperimen maupun kelas kontrol pada siswa kelas VI SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat telah teruji kebenarannya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh yang sangat lemah antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis naskah drama” baik dikelas ekperimen maupun kelas kontrol pada siswa kelas VI SDN Telaga Asih 04 Cikarang Barat telah teruji kebenarannya. Kedua variabel bebas (prediktor) yaitu minat membaca dan penguasaan kosakata tersebut berjalan seiring dengan variabel terikat (respon) nya yaitu keterampilan menulis naskah drama.
|