Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan media audio visual (video) dan peningkatan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audio visual (video) pada kelas XI IPS 2 SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School Pandeglang tahun pelajaran 2019-2020. Dalam mencapai tujuan tersebut Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, dan pada setiap siklus pembelajaran, dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi. pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik tes dan teknik observasi. Kemudian media yang digunakan dalam proses pembelajaran dalam penelitian ini adalah audio visual (video) berupa link video seperti proses terjadinya hujan, proses terjadinya gempa bumi, tsunami, Gunung meletus, kabut asap dan kekeringan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media audio visual (video) terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Hal ini terlihat dengan peningkatan nilai prasiklus ke siklus I dengan nilai 2,164, lalu peningkatan nilai rata-rata siklus I ke siklus II jumlah nilai 1,004. Terakhir peningkatan siklus II ke post tes jumlah nilai 4. Sedangkan peningkatan presentasi hasil nilai Siklus I ke siklus II dengan menggunakan media audio visual (Video) adalah 5,284%. Untuk menguji ketepatan data atau validitas dalam peningkatanya, maka peneliti menguji signifikansi data 5% dengan taraf kepercayaan 95 % . Setelah itu dapat disimpulkan bahwa 37,60 lebih besar dari yaitu 0,468 atau > Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Cahaya Madani Baten Boarding School Pandeglang dengan menggunakan media audio visual (video) pada pre tes, siklus I, siklus II dan pos test. Sehingga terjadi peningkatan proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (video) berupa link video.