Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan data secara empiris dan komprehensif tentang kelayakan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI Kurikulum 2013 revisi 2017 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditinjau dari kelayakan instrumen evaluasi. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mengumpulkan data penelitian dengan teknik studi pustaka dan teknik dokumen.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi atau Content Analysiys (kajian isi). Data penelitian ini berupa kelayakan instrumen evaluasi ditinjau dari aspek materi, kelayakan instrumen evaluasi ditinjau dari aspek bahasa dan kelayakan instrumen evaluasi ditinjau dari aspek konstruk diperoleh dari instrumen penilaian tes bentuk uraian dan instrumen penilaian tes bentuk melengkapi pada Buku Teks Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI Kurikulum 2013 revisi 2017 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada Kelayakan Instrumen Evaluasi dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia siswa SMA Kelas XI Kurikulum 2013 revisi 2017 ditinjau dari aspek materi sebesar 78,8% dengan katagori layak, ditinjau dari aspek Bahasa sebesar 84,7% dengan katagori layak, ditinjau dari aspek konstruk tes bentuk uraian sebesar 67,8% dengan katagori layak dan ditinjau dari aspek konstruk tes bentuk melengkapi sebesar 68,7% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil tersebut instrumen evaluasi dalam buku sekolah elektronik (BSE) Bahasa Indonesia siswa SMA Kelas XI Tahun Pelajaran 2020/2021 dikategorikan layak namun harus dengan pendamping sumber belajar yang lain, seperti Internet, Media Cetak, dll. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan bagi guru dalam menelaah dan memilih kualitas buku, terutama kelayakan instrumen evaluasi ditinjau dari aspek materi, aspek bahasa dan aspek konstruk; Dapat pula memberikan sumbangsih bagi pengembang bahan ajar dalam mengembangkan dan mempertimbangkan buku ajar siswa terutama kelayakan instrumen evaluasi ditinjau dari aspek materi, aspek bahasa dan aspek konstruk; dan, Hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangsih bagi Pusat Perbukuan dan Kurikulum dalam penyusunan buku teks pelajaran selanjutnya agar mempertimbangkan Kompetensi Dasar yang diajarkan dan kelayakan instrumen evaluasi ditinjau dari aspek materi, aspek bahasa dan aspek konstruk.