Abstrak  Kembali
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan metode naratif dan pendekatan pedagogi genre. Sumber data penelitian ini adalah 19 siswa kelas 9A dan 23 siswa kelas 9D dengan teknik pengambilan data melalui tes dan nontes berupa observasi, pengisian kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa aplikasi schoology sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks diskusi, dan juga berdampak pada ketercapaian indikator literasi digital siswa. Hal tersebut terlihat pada perolehan data peningkatan rata-rata pada kelas 9A dari 77.92 menjadi 82.92 dan kelas 9D dari 80 menjadi 88. Selain itu, ketercapaian indikator literasi digital siswa mendapat kategori baik dengan nilai 80. Pada proses penelitian ini diambil pula kesimpulan bahwa aplikasi schoology memerlukan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi kemampuan literasi digital siswa yang beragam. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan proses serta hasil pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis teks diskusi dengan memanfaatkan aplikasi schoology serta dapat menjadi acuan untuk mengukur ketercapaian literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di beberapa satuan pendidikan lainnya.