Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi Siswa SMA Islam Al Azhar 8 Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Al Azhar 8 Bekasi berjumlah 72 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan metode Multi Stage Random Sampling, yaitu pengambilan sampel bertahap berdasarkan random. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket tentang kemandirian dan tes pada keterampilan menulis teks laporan observasi. Data tersebut dihitung dengan rumus Anava. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan ANAVA terungkap 1) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menulis teks laporan observasi berdasarkan rata-rata hasil belajar antara yang menggunakan teknik pembelajaran think-pair-share jigsaw. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menulis teks laporan observasi di kelas yang menggunakan teknik pembelajaran think-pair-share dan jigsaw pada siswa memiliki kemandirian belajar siswa tinggi. 3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menulis teks laporan observasi antara kelas yang menggunakan teknik pembelajaran think-pair-share dan jigsaw pada siswa yang memiliki kemandirian belajar siswa rendah. 4) Terakhir dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung >Ftabel atau nilai Fhitung 4,27 lebih besar dari nilai Ftabel 4,15. Artinya ada pengaruh teknik pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar keterampilan menulis teks laporan observasi mata pelajaran Bahasa Indonesia.