Abstrak  Kembali
ABSTRAK Dessy Nataliana. Pengaruh kepemimpinan partisipasi kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian guru SMA Swasta di kecamatan ciledug Tengerang, Banten. Tesis. Program pascasarjana unicersutas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Jakarta 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan partisipasi kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian guru. Hipotesis yang diajukan adalah: 1) terdapat pengaruh langsung kepemiminan partisipasi kepala sekolah terhadap kemandirian guru. 2) terdapat pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kemandirian guru 3) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan partisipasi kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru SMA Swasta di kecamatan Ciledug, Tangerang. Sample penelitian sebanyak 55 guru yang diambil menggunakan teknik multistage random sampling. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner. Pengujian validitas menggunakan rumus pearson product moment dan reliabilitasnya dianalisis dengan rumus Alpha Cronbach dengan menggunakan program computer SPSS 15 for Windows. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial. Statistika deskriptif meliputi perhitungan rerata, median, modus, simpangan baku, varians, pembuatan distribusi frekuensi dan histogram dari setiap variable. Sedangkan statistika inferensial menggunakan analisis regresi sederhana, korelasi sederhana dan analisis jalur. Sebelum dianalisis dengan statistika inferensial terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis yang meliputi pengujian normalitas, homogenitas dan linieritas. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program Exell dan SPSS for Windows versi 15. Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kepemimpinan partisipasi kepala sekolah terhadap kemandirian guru (P31 = 0,346, r13 = 0,626, t-hitung = 2, 177). 2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi berpretasi terhadap kemandirian guru (P32 = 0,368, r23 = 0,631, t-hitung = 2,319). 3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan pengaruh kepemimpinan partisipasi kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi (P21 = 0,761, r13 = 0,761 t-hitung = 8,549). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi dinas pendidikan, pimpinan yayasan pendidikan, kepala sekolah dan guru bahwa: 1) upaya meningkatkan kemandirian guru dapat dilakukan dengan meningkatkan kepemimpinan partisipasi kepala sekolah, 2) upaya meningkatkan kemandirian guru dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi berprestasi, dan 3) upaya meningkatkan motivasi berprestasi guru dapat dilakukan dengan meningkatkan kepemimpinan partisipasi kepala sekolah.