Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi antara siswa yang belajar dengan model Think Talk Write dan model Think Pair Share, pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi, perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi antara yang belajar dengan model Think Talk Write dan model Think Pair Share bagi siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design factorial 2x2. Tempat penelitian ini di SMK Sismadi Jakarta semester I tahun ajaran 2019/2020. Populasi siswa kelas XI berjumlah 47 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik multistate random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen 1 adalah kelas XI Multimedia dengan jumlah sampel 26 siswa dan diberi perlakuan dengan model pembelajaran Think Talk Write. Sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen 2 adalah kelas XI Perhotelan dengan jumlah sampel 21 siswa diberi perlakuan dengan model pembelajaran Think Pair Share. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji normalitas post-test kelas eksperimen 1, yaitu nilai signifikansi dengan taraf α 0,05 sebesar 0,081 > 0,05. Hasil uji normalitas post-test kelas eksperimen 2, yaitu nilai signifikansi dengan taraf α 0,05 sebesar 0,079 > 0,05. Kedua sampel tersebut terlihat bahwa nilai hitung > nilai signifikansi, maka disimpulkan bahwa kedua sampel tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas menggunakan uji one way anova, yaitu hasil uji homogenitas post-test kelas eksperimen 1 yaitu nilai signifikansi dengan taraf α 0,05 sebesar 0,322 > 0,05. Hasil uji homogenitas posttest kelas eksperimen 2 yaitu nilai signifikansi dengan taraf α 0,05 sebesar 0,881 > 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut, disimpulkan nilai hitung > nilai signifikansi, maka sampel berasal dari populasi yang homogen. Berdasarkan uji hipotesis, yaitu nilai Sig. 0,001 < 0,05, maka terdapat perbedaan antara model pembelajaran TTW dan model pembelajaran TPS terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Hipotesis kedua didapat nilai Sig. 0,021 < 0,05, maka terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Hipotesis ketiga skor rata-rata model TTW sebesar 9,58 dan skor rata-rata model TPS sebesar 1,25 pada siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, skor rata-rata model TTW lebih tinggi dibanding skor rata-rata model TPS.