Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran (Quantum tipe VAK dan konvensional) dan gaya kognitif (field independent dan field dependent) terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah yang pertama hipotesis main effect (faktor utama) dari variable bebas A yang berbunyi terdapat pengaruh atau tidak model pembelajaran Quantum tipe VAK (A1) dan model pembelajaran konvensional (A2) terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak (Y). Hipotesis yang kedua adalah hipotesis main effect (faktor utama) dari variabel B yang berbunyi terdapat pengaruh atau tidak pendekatan gaya kognitif field independent (B1) dan field dependent (B2) terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak (Y). Hipotesis yang ketiga adalah hipotesis interaction effect (pengaruh interaksi) yang berbunyi terdapat pengaruh interaksi atau tidak antara model pembelajaran (A) dan pendekatan gaya kognitif (B) terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak (Y). Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 31 Jakarta tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 59 siswa. Sementara pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dengan perhitungan rumus Taro Yamane. Berdasarkan rumus tersebut maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 38 responden dan dibagi menjadi dua kelas yakni kelas eksperimen berjumlah 19 siswa dan kelas kontrol berjumlah 19 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan design factorial 2x2 yang dilakukan secara daring dan perolehan data melalui tes gaya kognitif dan tes menulis naskah drama. Kelas dibagi menjadi eksperimen dan kontrol, yang menggunakan perlakuan model pembelajaran Quantum tipe VAK dan konvensional serta dengan perbedaan karakteristik gaya kognitif siswa yang diperoleh dari hasil tes GEFT. Sementara untuk penilaian menulis naskah drama satu babak menggunakan instrumen yang telah digunakan oleh peneliti sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas varian data, uji homogenitas varian dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS ver. 26.00. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa dengan model pembelajaran Quantum tipe VAK dan model pembelajaran konvensional. Selain itu disimpulkan juga bahwa terdapat perbedaan hasil kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent. Lalu dilanjutkan dengan kesimpulan bahwa tidak terdapat interaksi yang signifikan pada hasil kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa dengan model pembelajaran (Quantum tipe VAK dan konvensional) dengan pendekatan gaya kognitif (field independent dan field dependent).