Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Bahasa Indonesia tentang materi-materi pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Materi tersebut terdapat pada buku tematik siswa kelas V. Buku tematik tersebut tidak dapat digunakan sebagai bahan ajar, sebab tidak adanya print out buku yang harus dimiliki oleh siswa. Buku tematik tersebut terdapat berbagai teks yang harus dipelajari oleh siswa. Oleh karena itu guru harus mendownloud buku tersebut. Sementara pembelajaran Bahasa Indonesia menurut kurikulum 2013 adalah berbasis pada teks. Salah satu teks yang dipelajari adalah teks eksplanasi. Siswa kelas V mengalami kesulitan dalam menuliskan dan memahami teks eksplanasi tersebut. Materi tentang teks eksplanasi terdapat pada buku tematik siswa di tema 6. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dokumen pada buku tematik siswa kelas V yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi tahun 2017. Hasil dari penelitian adalah: pertama struktur teks eksplanasi memiliki tiga bagian yaitu adanya bagian pernyataan umum, bagian deretan penjelas, dan adanya bagian ulasan. Hasil analisis ditemukan ada teks yang tidak memiliki bagian pernyataan umum, dan bagian deretan penjelas, serta bahkan bagian ulasan tidak ada. Kedua kaidah kebahasaan teks eksplanasi adalah adanya ada kata kerja pasif, kata teknis, kata penghubung urutan waktu, kata benda abstrak bermakna proses, serta bahkan kata penghubung penyebaban. Hasil analisis ditemukan kaidah kebahasaan ditulis secara tidak lengkap. Ketiga kesesuaian materi teks eksplanasi dengan tingkat perkembangan siswa kelas V sekolah dasar berdasarkan teori Piaget adalah ada materi sesuai dengan 7-11 tahun, dan ada juga tidak sesuai.