Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VI di SDN Babelan Kota 02 Kecamatan babelan kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan model penelitian Arikunto yang terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Babelan Kota 02 Desa Babelan Kota Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2020-2021 dengan jumlah 34 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan penilaian tes. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) dalam penerapan model pembelajaran cooperative script terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa di setiap siklusnya, hal ini bisa terlihat peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa 14,7% dengan nilai rata-rata 58,31, pada siklus I nilai keterampilan berbicara siswa meningkat dengan prosentase ketuntasan belajara siswa 32,35% dengan nilai rata-rata 64,17 sedangkan peningkatan signifikan terjadi pada siklus II dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 88,23% dengan rata-rata nilai 80,35. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.